HIMA PUI MAJALENGKA



Selamat datang di Website HIMA PUI Majalengka....!

HIMA PUI Majalengka adalah suatu wadah organiasi kemahasiswaan yang berdiri dibawah naungan PUI. HIMA PUI Majalengka anggotanya terdiri dari berbagai Universitas dan Perguruan Tinggi yang ada di Majalengka seperti STAI PUI dan UNMA (Universitas Majalengka).

Kami para anggota HIMA PUI Majalengka mengadakan berbagai aktivitas keagamaan dan sosial. Seperti Halaqah Ishlah dan Bakti Sosial.


Jumat, 23 September 2011

Sejarah Singkat HIMA PUI

Ormas islam jarang mengevaluasi system dan metode kaderisasi secara periodik. Sementara tantangan zaman terus berubah disanalah kita perlunya mengubah paradigma berfikir  terhadap agenda besar kita yaitu dakwah. 
Dan bila kita cermati lebih mendalam problematika yang paling mendasar Ormas Islam pada umumnya adalah lemahnya pada aspek kaderisasi. Salah satu indikasi Ormas Islam secara umum tidak mengalami perkembangan, baik dari sisi pengembangan structural maupun aksi amal social di tengah-tengah ummat.
Disamping itu juga metode dakwah. Banyak para aktivis dakwah mempersepsikan pemahaman dakwah hanya terbatas dalam pengertian Tabligh dan Ta’lim. Padahal in hanya tahapan awal dalam proses mencapai tujuan dakwah. Justru esensi dari dakwah adalah Tarbiyyah dan Takwin yaitu pendidikan dan kaderisasi dakwah yang menyiapkan kader-kader dakwah untuk siap hidup selalu bersama dakwah, dengan melakukan perubahan diri untuk perubahan ummat.
HIMA PUI salahsatu dari bagian jama’ah perubahan untuk kemajuan dakwa yang hanya baru tebentuk beberapa saat sajah.
Berawal dari sebuah diskusi terbuka oleh pemuda PUI Yang diikuti kalangan Mahasiswa, menyoal eksistensi ORMAS PUI (Persatuan Ummat Islam). Sebagai warisan yang sangat berharga. Mengingat wadah ini telah banyak memberikan kontribusi real terhadap kemerdekaan dan pembangunan Bangsa Indonesia terutama dibidang Pendidikan dan Dakwah.
Evaluasi  terhadap strategi kaderisasi dakwah yang lebih segar perlu segera dilakukan untuk memelihara dan mengembangkan wadah perjuangan ini, maka dibentuklah wadah kaderisasi generasi muslim  menuju terciptanya generasi yang kokoh dan mandiri, yaitu HIMPUNAN MAHASISWA
Terbentuknya wadah ini sebelumnya telah banyak dibahas melalui berbagai forum bedah gagasan dikalangan mahasiswa muslim diberbagai kampus terutama kampus PUI seperti STAI PUI Majalengka dan kampus UIN SGD Bandung, setelah disepakati secara bulat tentang pentingnya wadah ini, maka diangkatlah wacana ini pada Muktamar PUI XI di Jakarta pada tanggal 8-11 Desember 2004.
Dengan demikian, secara de jure HIMA PUI sebagai wadah sentral kaderisasi mahasiswa muslim telah terbentuk, dengan semangat memperjuangkan tujuan Persatuan Ummat Islam (PUI) yaitu: "Menjadikan individu, keluarga, Masyarakat, budaya dan peradaban dunia yang diridhai Allah Swt.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar